Monday, May 12, 2014

Hati - Hati Dengan Produk Berlebel Halal

Jika anda ingin membeli produk luar negeri walaupun ada yang berlebel halal anda harus tetap waspada, entah 
itu makanan, minuman, penyedap, pakaian dan produk lainnya. karena kini diindonesia lebel halal mudah untuk diperoleh ada beberapa istilah yang digunakan suatu produk yang biasanya nama itu menunjukkan jika produk tersebut berbahan babi
Masyarakat awam hanya tahu satu istilah “pork” untuk menunjukkan bahwa makanan tersebut mengandung bahan dari babi. Sehingga mereka menganggap jika makanan berlabel halal dan tidak ada kata pork di dalam keterangan komposisi makanan maka makanan tersebut dianggap halal oleh mereka.
Namun rupanya ada beberapa istilah selain pork yang produsen gunakan untuk menyamarkan penggunaan bahan babi dan produk tersebut tetap dikonsumsi oleh masyarakat. Berikut ini istilah bahan babi yang seharusnya menjadi informasi penting sebelum membeli bahan makanan jadi:
Porcine
Porcine biasanya digunakan untuk istilah  di bidang pengobatan. Semua bahan yang mengandung porcine berkaitan dengan babi.
Sow Milk
Sow milk adalah produk susu yang berasal dari babi.
Pork
Istilah ini sudah jelas menunjukkan berbahan dasar daging babi sehingga produsen tidak boleh menempelkan label halal ke produk mereka. Istilah Pork biasanya dapat ditemukan di produk mie instan khusus masakan China, Jepang, Korea serta makanan kalengan lain seperti saus, camilan basah, kornet, dan sebagainya.
Swine
Isitlah ini sering ditemukan di bahan penyedap rasa. Menunjukkan bahwa makan tersebut mengandung bahan dari beberapa spesies babi. Produsen kerapkali curang menyertakan bahan ini ke makanan yang sudah jelas berlabel halal.
Hog
Hog merupakan istilah bahan daging babi dewasa dengan berat tubuh lebih dari 50 kg.
Boar
Boar adalah istilah bahan dengan spesies babi liar.
Lard
Lard adalah sejenis lemak yang berasal dari babi. Lemak ini banyak digunakan untuk campuran minyak atau istilah minyak babi yang sering digunakan untuk membuat masakan khas China, Korea atau masakan berat Barat pada umumnya. Lemak babi ini juga biasanya dijadikan campuran bahan kosmetik seperti lotion, pemutih badan, sabun, dan lisptik.
Bacon
Bacon sebenarnya merupakan daging hewan yang digunakan untuk membuat stik. Bentuk daging ini diiris tipis dan siap panggang. Walaupun bacon banyak yang terbuat dari  daging sapi, rusa, kambing atau lainnya namun sebaiknya perlu waspada karena banyak produsen curang menggunakan istilah ini mengacu pada daging babi.
Ham
Ham adalah daging babi yang diambil dari bagian paha. Secara tekstur, Anda dapat memperhatikan bahwa daging ini lembut.
Sow
Sow adalah sejenis babi betina yang sudah dewasa. Walaupun istilah ini jarang digunakan, sebaiknya Anda waspada dan berhati-hati jika menemukan kandungan bahan ini pada  produk makanan halal Anda.
Pig
Pig adalah istilah umum babi. Namun babi yang digunakan adalah yang masih muda dan memilik berat kurang dari 50 kg.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review