Thursday, May 1, 2014

Daftar Produk Korea Yang Halal,Haram,&Meragukan




         
     Kini produk korea telah diekspor hingga ke indonesia yang tidak jelas apakah berlebel halal atau haram .. jangan sampai kita salah memilih, jika salah maka anda termasukmengkonsumsi barang haram dalam perut anda ..
 Hal ini dikarenakan beberapa produk barang di Korea Selatan secara berkala dan tanpa pemberitahuan sebelumnya mengganti bahan makanan dalam komposisinya. Ada baiknya memang harus rajin dan ceklah terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsinya .. konsumsi produk yang sudah jelas berlebel halal jika tidak ada lebel halal maka lebih baik anda hindari  Daftar makanan yang saya peroleh berasal dari Korea Muslim Federation (KMF), Amir Korea, grup Facebook Muslimah Indonesia Korea dan grup musliminkorea di yahoo. Sebelumnya saya akan membagikan bahan-bahan halal dan haram yang terdapat di dalam produk makanan dan minuman di Korea Selatan. Semoga info yang saya bagikan dapat sedikit membantu kesulitan teman-teman yang mencari produk makanan halal di Korea Selatan ya.makanlah halal yang telah Allah sediakan untuk hambanya dan jangan sampai melampaui batas sebagaimana firman Allah subhanahuwataala :

Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah : 17). “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi.” (QS. Al-Baqarah : 168). “Menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.” (TQS. Al-A’raf : 157).


An-Nu'man bin Basyir berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat hal-hal musyabbihat (syubhat / samar, tidak jelas halal-haramnya), yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menjaga hal-hal musyabbihat, maka ia telah membersihkan kehormatan dan agamanya. Dan, barangsiapa yang terjerumus dalam syubhat, maka ia seperti penggembala di sekitar tanah larangan, hampir-hampir ia terjerumus ke dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati.'" (HR. Bukhori)

Lecithin (레시틴)

Kalau di bungkusannya ada tulisan레시틴aja atau diberi keterangan 동물성유지 (dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan레시틴yang diikuti dengan keterangan seperti 레시틴 (대두), 쏘야 레시틴 (ssoya lecithin) ataupun 레시틴 식물성유지 (letichin sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

Shortening (쇼트닝)

Kalau di bungkusannya ada tulisan 쇼트닝 aja atau diberi keterangan 동물성유지(dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan쇼트닝 yang diikuti dengan keterangan seperti 쇼트닝(대두) ataupun쇼트닝 식물성유지 (shortening sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

Gelatin (젤라틴)

Coklat di Korea umumnya mengandung gelatin. Gelatin di Korea bersumber dari bahan binatang/yang tidak halal. Jadi lebih baik dihindari.

Daging babi (돼지고기)

Mungkin kita nggak pernah berfikir bahwa makanan kecil semacam keripik kentang mengandung daging babi atau disebut 돼지고기 (dwaejigogi). Tetapi pada kenyataannya, di Korea, hampir sebagian besar makanan ringan semacam kerupuk mengandung daging babi (돼지고기) seperti yang tercantum dalam label kemasannya. Jadi, periksalah kandungan makanan tersebut dalam kemasan.

Mie instan

Sebagai turis, merupakan hal yang wajar jika seseorang berfikir bahwa mi instan adalah makanan yang paling praktis. Seperti waktu kita berlibur ke puncak, males ngeluarin kocek besar, dingin-dingin enakan makan sebungkus mi instan. Namun, untuk mi instan yang ada diKorea, hampir sebagian besar mi instant mengandung daging babi (돼지고기). Jadi, perlu diperhatikan ketika membeli mi instant karena hanya ada beberapa jenis mi instant yang tidak mengandung komponen dari daging babi (돼지고기).



Sebaiknya dihindari (Haram atau Syubhat/meragukan)

베이컨 : bacon/dagingbabi
라드:lard/babi
젤라틴(동물성): gelatin dari hewani
쇼트닝(동물성):  shortening dari hewani
레시틴:lecithin (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
레닛:rennet (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
수지tallow/ lemak hewani
돼지고기:pork/babi
햄:ham (daging babi olahan)
마시멜로: marshmallow (tanpa tambahan kata 대두/식물성berartidari hewani)
레닌:rennin dari hewani
글리세리드:glyceride (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
글리세롤: glycerol (tanpa tambahan kata 대두/식물성berartidari hewani)
소시지atau 순대: sausage (sosis dari hewani)
돈피:  hogleather/pig skin (kulit babi)
주정:alcohol / ethanol

포도주(wine) biasanya sufiks 주 iniartinya alkohol(술)
육(daging)
돈지[donji] : daging babi
소고기[sogogi] : daging sapi
쇠고기[soegogi] : daging sapi
비프[bipe] : daging sapi
닭고기[dakgogi] : ayam
 치킨[chikin] : ayam

육수[yuksu]: air kaldu hewani (kalau ada tambahan멸치berarti dari ikan teri)



Aman dan boleh dikonsumsi
분말[bunmal] : powder/ tepung
효모[hyomo]: (yeast/ragi)
육수[멸치] : air kaldu dari ikan teri

육수 [해물] : air kaldu dari seafood
경화유[kyonghwayu] : hardened[hydrogenated]oil)
 식초[sikcho] : (cuka)

팜유[phamyu] : minyak kelapa sawit
 펙틴[phektin] : pectin (segolongan polimer heterosakarida yangdiperoleh dari dinding sel tumbuhan darat)

물엿[mulyot] (starch syrup, sirup gula daribiji-bijian)
레시틴 (대두/식물성) lesitin (kedelai/tumbuhan)
쇼트닝 (대두/식물성) shortening dari kedelai dan tumbuhan




Info terbaru : permen Xylitol HARAM dimakan karena mengandung zat haram













Info terbaru :Papero mengandung lesitin hewani = Haram dimakan





























Update : Keripik kentang syubhat karena satu produksi dengan tempat pengolahan daging babi







Keju Halal Bega dari Australia


Keju Mozarellah Halal, tersedia di Gmarket


Keju berlabel HALAL merek Bega




Keju berlabel Halal Mainland



































Berikut ini daftar makanan dan produk kosmetik yang sudah dikonfirmasi oleh teman-teman muslimah Indonesia di Korea Selatan (grup FB Muslimah Indonesia- Korea).Silahkan kunjungi muslimahkorea disini. Semoga infonya bermanfaat..^_^


Donat menggunakan gelatin Babi = Haram dikonsumsi

Donat menggunakan gelatin Babi = Haram dikonsumsi






Merk: Mister Donut

Keterangan dari produsen:

Produsen menyatakan bahwa shortening yang terkandung dalam donat berasal dari nabati. akan tetapi ada beberapa donut yang menggunakan gelatin yg berasal dari babi. Sebelum membeli produknya, mereka menyarankan untuk mengecek kandungan yg terdapat dalam donat tersebut di /http://misterdonut.gsretail.com/

menu--> 도넛-->klik donut yang dimaksud--> klik 자세히보기




Merk: Ottogi

Produk: Margarin

Kandungan: 유화제 식물성 유지( 팜유류=minyak kelapa sawit)

Keterangan dari produsen: tidak ada kandungan binatang pada produk ini

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Tous Le Jours dan Paris BaquetteProduk: Roti dan Cake

Keterangan dari produsen:

Kecuali roti yang mengandung ham dan kroket, produk lain secara langsung tidak mengandung babi. Selain itu, untuk shortening, butter, margarin, untuk membuat roti juga sudah teruji bahwa tidak ada kandungan babi di dalamnya. Hanya saja, untuk bahan pendukung pembuatan shortening, butter, dan margarinnya sangat sulit untuk diketahui kandungannya secara detail. Dari pihak CJ Food selaku produsen Tous Le Jours menerangkan bahwa tidak ada kandungan babi pada pembuatan produknya. Namun, dikarenakan pembuatan roti dan cake itu sendiri berlangsung di tiap cabang TLJ, maka bisa saja ada gerai yang menggunakan bahan-bahan yang mengandung babi. Oleh karena itu, mereka menganjurkan agar konsumen dapat lebih berhati-hati dan teliti bila ingin mengonsumsi produk mereka.

Hal yang senada juga diungkapkan via telepon oleh pihak Paris Baquette Korea. Mereka menyatakan tidak dapat menjamin 100% bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti bebas dari kandungan babi. Akan tetapi mereka menyatakan secara halus bahwa pihaknya sulit mengecek kandungan detail dari margarin, emulsifier karena mereka pun membeli dari pihak lain.Status: Syubhat



Merk: Etude House

Produk: BB Cream

Keterangan dari produsen (Amore Pasific):

BB Cream yang memiliki kandungan binatang adalah Moistfull Collagen BB Cream dan Total Age Repair BB Cream. Adapun produk-produk tersebut mengandung Hydrolyzed Marine Collagen (dari sisik ikan) dan Royal Jelly. Produk Etude lainnya yang mengandung kolagen juga berasal dari sisik ikan kecuali yang ada keterangan penyerta.

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Etude House

Produk: Be Clear Cleansing FoamKeterangan dari produsen: Terdapat animal-derived ingredients (beeswax). Berdasarkan situs http://special.worldofislam.info/Food/numbers.html , beeswax termasuk bahan yang halal untuk dikonsumsi.

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Median

Produk: Pasta Gigi

Keterangan dari produsen (Amore Pasific): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Happy Bath


Produk: Body Oil (fruit essences)

Keterangan dari produsen (Amore Pasific): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: The Skin Food

Produk: Quinoa Rich Body Milk

Keterangan dari produsen: animal-derived ingredients tanpa dijelaskan detail jenis binatangnya

Status: Syubhat

Merk: Missha

Produk: Safe Block SPF 45

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: MisshaProduk: Ginger Relaxing Foot&Heel Cream

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: Missha

Produk: Cotton White Shower Gel

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: PanteneProduk: Shampoo & Rinse

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: The Face ShopProduk: White Secret Body WashKeterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: The Face ShopProduk: The SmimKeterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients pada seluruh produk The Face Shop yang bermerk 'The Smim'

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: The Face Shop

Produk: Arsainte Eco-TherapyKeterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients pada seluruh produk The Face Shop yang bermerk 'Arsainte'

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: B&B (Baby Product)Produk: Laundry ShopKeterangan dari produsen (Boryung Medicine): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: InnisfreeProduk: Olive Body Butter, Jeju Volcanic Cleansing Foam, Green Tea Pure Deep Cream

Keterangan dari produsen (Amore Pasific): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)










2 comments:

Unknown said...

baskin robbins halal?

Jasaimport said...

CONSIGNE / UNDER NAME :
Tidak memiliki dokumen kelengkapan impor ?
Mudah, PT.Mahkota Dua Putra memiliki izin impor yang lengkap dan siap menyewakan kepada perusahaan atau perorangan yang membutuhkan izin impor atau disebut juga undername import.
Apa itu undername import?
cara Impor Undername yaitu mengimpor barang dari luar negeri dengan meminjam perusahaan lain yang memiliki izin dan terdaftar di pabean.
Agar proses impor berjalan dengan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya dipilih perusahaan yang reputasinya baik dan terpercaya, dan perlu dibuat Surat Perjanjian secara tertulis (Surat Indentor) dan jelaskan dalam perjanjian apakah ingin Q/Q atau langsung kepada penerima Undername.
Kirim penjelasan ke supplier dan nyatakan bahwa perusahaan itu hanya ditunjuk sebagai pelaksanaan impor saja, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.
Tanyakan ke shiper perihal Proforma Dokument i, e: Packing List, Invoice, Bill of Lading/Air Way Bill, dan kemudian periksa serta konfirmasi dengan perusahaan undername dan jika perusahan undername menyatakan Tidak Masalah, maka barang siap dikirim dan pastikan kepada perusahaan undername siapa pengangkut (freight forwarder) barang tersebut sampai ke pelabuhan di Indonesia.
Setelah barang sampai ke pelabuhan di Indonesia, maka shipper atau agen forwarder di Indonesia menyiapkan dokumen untuk mendapatkan PIB (Pemberitahuan Impor Barang) dengan sistim EDI/PPJK, lalu membayar bea masuk ke Bank, dan setelah itu hubungi EDI/PPJK untuk mendapatkan respon. Dalam hal ini hasil yang diperoleh ada dua kemungkinan, yaitu:
1. Jalur Hijau ‘green line’ : Barang langsung dapat keluar setelah dokumennya diperiksa.
2. Jalur Merah ‘red line’ : Barang perlu diperiksa fisiknya oleh Bea Cukai. Setelah mendapat respon EDI/PPJK, baru mendapat deklarasi impor (NOTUL) dari kantor pabean bahwa barang telah selesai diproses dan barang boleh keluar.
Jika barang impor mendapat NOTUL (Pajak Pertambahan Nilai), bayar dahulu pajak pertambahan nilai untuk mendapat SPPB (Surat Perintah Pengeluaran Barang) atau deklarasi impor dari Imigrasi.
Seluruh dokumen impor seperti PIB, Pembayaran Bea Masuk, kopi Air Way Bill, kopi Bill of Lading dan lain-lain diberikan kepada perusahaan undername, sedangkan kopiannya untuk pemilik barang.
Contac us
JUN
jun.import@gmail.com
WA : 0812 8241 6672

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review