Tuesday, May 13, 2014

Daftar Minuman Masyarakat Korea

Masyarakat korea juga memiliki berbagai macam adat, makanan, minuman, pola hidup dll yang sangat dikenal oleh para pecintanya . makanan korea banyak berasal dari tumbuhan dan hewan terutama babi, sedanngkan minuman sedikit sekali minuman mereka yang berasal dari alkohol yang paling banyak berasal dari alami .. karena tingkat harapan hidup korea sangat tinggi dibandingkan dengan negara lain ..   Walaupun ini bisa jadi berkaitan dengan kecintaan bangsa Korea dengan alkohol, ada nyaris 200 macam teh, jus, dan minuman dari biji-bijian tradisional yang terkait dengan kelompok terakhir, yang dikenal sebagai eumcheongnyu (음청류).
Anda dapat mencobanya dengan dirumah anda atau pada kafe yang menjual makanan khas korea

Walaupun mendaftar 20 minuman terbaik membutuhkan banyak panel rasa dan suatu pilihan yang sulit, inilah daftar 20 minuman Korea yang paling enak dan menarik menurut CNNGO.

Sujeonggwa (수정과)

Minuman Korea lain yang lebih mirip “dessert”. Terbuat dari rebusan jahe, merica, dan kayu manis. Setelah itu, madu atau gula merah ditambahkan dengan kesemek kering, yang dilarutkan dalam cairan untuk memberi rasa yang mencerminkan rasa musim gugur. Disajikan dingin dan dihias dengan beberapa kacang pinus. Secara umum minuman ini keseimbangan bagus antara manis dan rasa buah, dengan kehangatan dari jahe dan kayu manis.

The Second Best House in Seoul (서울서 둘째로 잘하는집). 28-21 Samcheong-dong, Jongno-gu 종로구 삼청동 28-21; +82 02 734 5302. Sunday-Saturday 11 a.m.-8 p.m.

 Dawn 808
Walaupun kadang-kadang dikenal sebagai “ahjussi juice” karena gambar seorang kakek yang tercetak di kalengnya, Dawn 808 adalah obat hangover yang manjur. Terbuat dari akar dan herbal tradisional, rasanya mengingatkan pada hanyak (한약), atau obat tradisional Korea. Bisa dibeli di toko terdekat.

Bokbunja ju (복분자주)




Bokbunja, adalah blackberry asli Korea. Winenya berwarna merah kecokelatan gelap, dan aroma manis ala berry lebih mengingatkan pada dessert wine daripada red wine.

Minuman ini secara tradisional dikaitkan dengan kejantanan pria, dan baru tahun 2008 tim peneliti Korea mengkonfirmasi berry meningkatkan level testosteron dan jumlah sperma pada tikus. Bisa dibilang afrosidiak.

Nuluk Plus (누룩플러스) Focus Building, 7/F, 38-1 Myeong-dong 1-Ga, Jung-gu (중구 명동 1가38-1 (포커스 빌딩 7층)); +82 02 772 9555; Open Sunday-Saturday, 5 p.m.-2 a.m.


Banana Milk / banana uyu (바나나우유)


Bagi banyak orang Korea, susu pisang memunculkan memori masa kecilnya. Dan jika kalian mencobanya, kalian akan mengerti kenapa: sederhana, manis, dan benar-benar bikin ketagihan.

Merek yang paling terkenal, Binggrae, memiliki banyak penggemar sejak muncul tahun 1974, waktu dimana pisang menjadi makanan mewah. Sejak saat itu, Binggrae membidik generasi berikutnya, dengan bintang Girl’s Generation (소녀시대) dan aktor Boys Over Flowers (꽃보다남자) Lee Min-ho (이민호) dalam iklannya. Bisa dibeli di Family Mart lokal.



 Soju (소주)
Saat dimana-mana botol hijau berkilauan di setiap acara makan-makan dan minum maka kalian tahu: soju adalah minuman keras nasional Korea. Bagi orang-orang, soju menawarkan cara yang murah dan efektif untuk mabuk.
Dua merk soju terbesar yang mendominasi pasar Seoul – Chamisul (참이슬) dan Chum Churum (처음 처럼) – biasanya berharga hanya ₩3,000 per botol di restoran (sekitar ₩1,000 jika membelinya di toko). Rasa yang sedikit manis, vodka encer – seperti gula yang dilarutkan dalam alkohol.

Tapi jangan menilai soju hanya dari mereknya. Merk regional di luar Seoul menawarkan soju yang menarik, dan juga enak. Andong soju, disamping kadar alkoholnya yang lebih tinggi, dibuat dengan tangan dan memiliki karakter yang halus dan bersih, lebih mirip ke sake daripada soju lain.

Hanshin Pocha (한신포차) 182-29 Nonhyun-dong, Gangnam-gu (강남구 논현동 182-29); +82 02 515 3199; Open Sunday-Saturday, 7 p.m. to 6 a.m.



Teh Omija/ omija cha (오미자차)

Omija berarti “berry-lima rasa” karena kalian bisa merasakan lima rasa – manis, asam, asin, pahit dan pedas – dalam berry ini. Di Korea, berry ini biasanya dijadikan teh yang bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan madu, kelopak bunga, bubuk kacang hijau, dan lain-lain untuk menciptakan punch (a/n : jus buah atau soda yang dicampur dengan wine atau minuman alkohol lainnya) Korea yang disebut hwachae (화채).
Omija juga digunakan untuk perasa dalam makgeolli. Untuk kebutuhan sehari-hari, teh ini bagus untuk flu atau penyakit pernafasan lain, tapi dalam obat tradisional, omija digunakan untuk menyembuhkan hati (liver).

Teh Omija bisa dicoba di Ganghwadang (강화당), toko teh yang telah berdiri lebih dari 50 tahun dan menawarkan berbagai macam teh Korea tradisional.

Ganghwadang. 35-103 Samcheong-dong, Jongro-gu (종로구 삼청동 35-103); + 82 02 738 2460; Tuesday-Sunday, Noon-10 p.m., closed Mondays.


Makgeolli (막걸리)

Makgeolli adalah alkohol tertua di Korea. Tidak seperti soju atau alkohol bening lain, minuman ini tidak disaring, membuatnya berwarna putih susu dengan endapan di bawahnya. Rasanya manis dan lembut, dengan sedikit bau dan karbonasi untuk membuatnya terasa segar. Saat ini makgeolli kembali dengan membidik generasi yang lebih muda sebagai cocktail buah, minuman yang terbuat dari Chilsung Cider (Sprite versi Korea), dan minuman lain. Makgeolli terbaik, ketika dibuat dengan tangan dari bahan yang murni – yaitu beras. Nikmati dengan pajeon (파전) pancake gurih atau bindaetteok (빈대떡), pancake kacang hijau.

Wolhyang (월향) di Hongdae membuat makgeolli sendiri dari beras cokelat organik yang mengandung 15% alkohol, tapi rasanya lebih baik dari yang murahan.

Wolhyang. 335-5 Seogyo-dong, Mapo-gu (마포구 서교동 335-5); +82 2 332 9202; Monday-Wednesday, noon-4 a.m., Thursday-Saturday, noon-1 a.m.

 Cheongju (청주)



Ingin berhenti sementara dari soju? Coba memesan sebotol cheongju, yang artinya “minuman keras yang bening” – merek yang paling populer (dan tersedia) adalah Chung Ha. Minuman beralkohol dari beras seperti Cheongju yang difermentasi beberapa kali, memberi rasa yang manis dan murni. Chungha berharga ₩1,000 lebih mahal dari soju, tapi itu harga yang pantas jika kalian pikir rasa soju seperti bahan bakar roket.

Baesangmyun Juga (배상면 주가) B1, 84 Taepyungro 1-ga, Jung-gu, basement level (중구 태평로1가 84 지하1층);+82 2 02 773 3238; Sunday-Saturday, 5:30 p.m.-11 p.m.


Baekseju (백세주)
Merasa sedikit kuno? Nikmati makan malam dengan Baekseju, wine kuning herbal yang terbuat dari beras dan berbagai akar dan herbal yang berbeda, yang paling menonjol adalah ginseng. Tergantung mereknya, ada beberapa yang memiliki aroma seperti wolfberry dan licorice.

Bapak-bapak yang lebih tua cenderung menyukai minuman ini karena ada yang bilang meminum baekseju akan membuatmu hidup sampai 100 tahun – sehingga namanya juga disebut, “minuman keras-100 tahun.”

Baekseju Neighborhood (백세주마을) 110-3 Samseong-dong, Gangnam-gu (강남구 삼성동 110-3) ;+82 02 546 7103; Sunday-Saturday, 6 p.m.-2 a.m.


Teh Limau/ yuja cha (유자차)

Limau, biasanya disebut yuzu, menjadi bahan populer dalam menu di restoran berkelas di USA. Buahnya sendiri seperti buah jeruk keprok yang besar, tapi memiliki rasa yang mendekati buah jeruk bali. Dengan plum hijau, maesil, orang Korea menyajikan irisan tipis limau dalam madu atau gula.

Setoples madu limau – juga tersedia di toko grosir – adalah semacam obat herbal untuk flu dan penyakit musim dingin. Cukup teteskan sesendok sirup di air panas dan kalian akan mendapatkan teh limau.

Traditional Tea House Insadong (전통찻집 인사동) 196-5 Gwanhun-dong, Jongro-gu (종로구 관훈동196-5) tel. +82 02 723 4909; Open Sunday-Saturday, 10 a.m.-10 p.m.



Teh Bunga Krisan/ gukhwa cha (국화차)

Bunga putih dan kuning dari tanaman bunga krisan dikeringkan dan direndam dalam madu selama sebulan, dan diseduh sebagai teh. Teh ini terlihat cantik, dengan bunga krisan yang mengembang seperti balon cerah di dalam air.

Seperti yang bisa dibayangkan dari teh yang terbuat dari kelopak bunga, teh ini juga memiliki aroma bunga yang halus dengan rasa manis yang bisa ditambahkan dari sesendok gula. Ada yang bilang kalau teh bunga krisan bisa menolong mengatasi flu selama bulan-bulan musim dingin, dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Farm Camille (팜카밀레). 332-14 Seogyo-dong, Mapo-gu (마포구 서교동 332-14); + 82 02 2644 2468; Sunday-Saturday, 10 a.m.-1 a.m., Closed the first Sunday of every month.



Daechu tea/ daechu cha/ teh jujube kering (대추차)

Daechu, atau jujube kering (a/n: nama lainnya kurma merah, kurma Korea, kurma China), digunakan dalam berbagai makanan: didalam ayam (a/n : ingat Samgyetang?), berupa irisan di atas kue beras, dan juga dalam teh. Kalian bisa membuat teh baik dari pastanya, yang tahan lama, atau membuatnya dengan merebus jujube kering. Tehnya berwarna marun gelap dan rasanya yang gurih. Teh ini kaya zat besi dan baik untuk yang menderita anemia dan untuk mengobati lesu.

Traditional Tea Garden (전통다원) 30-1 Gwanhun-dong, Jongro-gu (종로구 관훈동 30-1); + 82 02 730 6305; Sunday-Saturday, 10:30 a.m.-10:30 p.m.



Teh plum hijau/ maesil cha (매실차)

Sekitar awal musim panas, kalian bisa mulai melihat tas-tas berjaring besar dipenuhi dengan plum hijau kecil, yang dikenal dengan maesil. Pohon plum ini (juga dikenal dengan nama jepangnya, ume) populer di Asia Timur baik bunga maupun buahnya. Orang Korea sering memfermentasi buah plum dengan gula dan membuat sirup maesil, membuatnya menjadi konsentrat plum, yang bisa disimpan dan digunakan sebagai minuman yang menyegarkan di musim panas atau teh di musim dingin. Tentu saja, semakin lama kalian memfermentasinya, sirupnya akan jadi beralkohol, dan disebut maesil-ju.

Sukara (수카라) di Hongdae memiliki sirup maesil buatan rumah yang digunakan dalam berbagai cara: dicampur dengan omija sebagai teh panas atau membuatnya jadi soda berkarbonasi.

327-9 Seogyo-dong, Mapo-gu, (마포구 서교동 327-9); +82 02 334 5919; Monday-Sunday, 11 a.m. -midnight; closed the third Monday of each month.



Teh Jagung/ ogsususuyeom cha (옥수수수염차)

Hyun Bin, bintang Hallyu “Secret Garden” menjadi bintang iklan teh rambut jagung sebelum ia memenuhi wajib militernya.

Minuman ini menjanjikan V-line, yang berarti rahang kecil dan tajam membentuk “V” pada pipi. Teh bisa dibuat dari rambut jagung kering atau dengan biji jagung kering atau panggang atau kombinasi yang lain. Yang pertama memiliki sedikit rasa panggang daripada yang terakhir yang rasanya tentunya lebih seperti jagung.



Teh Barley/boli cha (보리차)

Ini adalah minuman Asia, karena kalian bisa menemukan variasi teh barley panggang di China dan Jepang. Orang Korea cenderung minum ini sepanjang tahun, baik dalam kondisi tonik dingin maupun teh panas. Kadang-kadang, dalam produk seperti Sky Barley (하늘 보리), versi produksi masal teh ini, biji barley panggang dicampur dengan jagung, beras cokelat panggang, dan chicory untuk meringankan rasa.



 Sungnyung (숭늉)

Sebelum ditemukan panci dan rice cooker nikel perak dan tidak lengket, orang Korea memasak nasi di dalam ketel besi yang berat. Setelah memasak nasi di dalam panci besi atau mangkok batu panas, kerak nasi panggang (yang disebut nurungji [누룽지]) melekat pada bagian bawah – keras, garing, dan lezat. Untuk membersihkan panci tersebut, orang-orang menuangkan air atau teh barley. Air mendesir dalam panci dan melepas nasi yang melekat. Kaldu yang hangat dan berpati sebagai pembersih ini disebut sungnyung.

Di Jeonju Restaurant (전주식당) mereka akan menyiapkan sungnyung setelah makan.

Jeonju Restaurant (전주식당). 281-9 Jongro 5-Ga, Jongro-gu (종로구 종로5가 281-9); +82 02 2267 6897; Monday-Saturday, 6:30 a.m.-9 p.m., closed on Sunday.



 Yulmu (율무)

Teh Yulmu dari Ogada adalah makanan itu sendiri.

Dikenal sebagai “Job’s tears” dalam bahasa inggris, biji-bijian ini memiliki kulit yang keras dan berbentuk air mata dan berukuran kacang polong. Kulitnya berukuran manik-manik dan bagus untuk membuat gelang dan perhiasan, termasuk manik-manik rosario. Asalnya dari biara Eropa selatan dimana manik-manik rosario dibuat dari tanaman ini yang kemudian disebut sebagai “Job’s tears.” Di Korea, bijinya biasanya ada dengan bentuk serbuk dengan kacang kenari, almond, dan kacang-kacangan lain. Tak seperti teh tradisional lain, yulmu bisa dimakan lebih seperti sereal yang gurih. Dengan kadar protein yang tinggi, ini alternatif yang lebih sehat daripada secangkir kopi di pagi hari.

Minerva (미네르바) 57-33 Changcheon-dong, Seodaemun-gu, 2/F (서대문구 창천동 57-33 2층); +82 02 3142 5337; Monday-Saturday, 10 a.m.-10:30 p.m., closed on Sunday.



Bacchus (바카스)

Ketika kalian merasa kopi dan soda tidak membuat kalian bersemangat, waktunya Bacchus untuk menolong. Ini adalah pilihan minuman berenergi sebelum Red Bull muncul. Dimulai tahun 1963 oleh Dong-A, sebuah perusahaan farmasi, Bacchus awalnya digunakan sebagai obat hangover. Sekarang, produk ini dipasarkan sebagai minuman berenergi untuk pegawai pria maupun wanita yang lembur. Sebenarnya isinya adalah air, gula, dan sirup jagung tinggi fruktosa, tapi juga mengandung taurine (yang juda terdapat dalam Red Bull) dan campuran bahan kimia lain.

Dijual di apotik atau toko terdekat.



Sikhye (식혜)

Minuman dari beras dingin ini mungkin lebih mendekati “dessert” tradisional Korea. Dibuat dari air gandum dan beras yang dimasak, kalian bisa mendapat segelas sikhye dingin dan manis di restoran atau café. Waktu terbaik untuk meminumnya adalah setelah sauna atau jjimjjilbang (찜찔방). Ini akan memuaskan rasa haus dan membangunkan dari lesu setelah berendam air panas.
Salt doll (소금인형). 183-32 Nakwon-dong, Jongro-gu (종로구 낙원동 183-32);+82 02 725 8587; Sunday-Saturday; noon-11 p.m.



Misutgaru (미숫가루)

Mitsugaru di Lotte Department Store, Myeong-dong.

Misutgaru adalah minuman campuran yang terbuat dari bubuk biji panggang dan pemanis gula atau madu. Biji-bijian, kacang-kacangan yang berbeda tergantung dari merek, tapi lebih sering, kalian akan melihat campuran bahan-bahan yang menyehatkan seperti barley, beras (lengket maupun non-lengket, hitam, cokelat, dan putih), jawawut, kacang kedelai, dan biji wijen. Minuman ini bagus untuk diet karena tinggi protein, dan memberi berbagai nutrisi dari biji utuh. Jika kalian meminumnya di rumah (kalian bisa membeli dalam bentuk bungkusan di toko grosir), campur dengan es, susu, dan madu untuk minuman shake tinggi protein yang enak dan sehat.

Bbobba (뽀빠) di Sinchon (신촌) adalah misutgaru versi ice bubble tea.

Bbobba (뽀빠). 2/F, 33-27 Changcheon-dong, Seodaemun-gu (서대문구 창천동 33-27 2층); +82 02 338 3889; Sunday-Saturday; noon-11 p.m.






1 comments:

Unknown said...

Hallo korean lovers waktunya kamu untuk liburan ke bandung dan jangan lupa untuk kunjungiHOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review