Thursday, December 26, 2013

Resep Kimchi (김치) Lobak Sawi Putih

Resep Kimchi (김치) Lobak Sawi Putih



Cara Membuat (김치)
Bahan
1 buah Sawi putih
½ buah Bawang bombay, iris tipis
¼ batang Wortel,iris tipis memanjang.
¼ batang Lobak putih,iris tipis.
4 batang Daun bawang.
2 sdm Bawang putih yang telah diparut.
1 sdt Jahe parut..
½ gelas bubuk cabe
2 sdt Garam.
1 sdm Gula.
½ gelas Garam kasar / laut.
1 gelas air.
¼ gelas Saus ikan korea.
1/3 gelas Air.
1 sdm Tepung.
Cara Memasak
Sawi biarkan utuh , cuci bersih hingga keselah” daun dengan air yang mengalir .Sesudah bersih ,rendam sawi dalam campuran 3 genggam garam yang sudah dilarutkan dengan air. Proses ini di gunakan untuk Fermentasi Sawi agar enak dimakan , Lalu tunggu hingga 6 jam sampai sawi terlihat benar – benar layu..
Setelah 6 jam , angkat sawi dan cuci kembali hingga bersih hingga kesela” lipatan sawi agar sisa garam tercuci bersih. Lalu tiriskan (Terserah anda) sawi ingin dibiarkan utuh atau dipotong – potong menjadi beberapa bagian dengan membuang ujung sawi.
 Saatnya mengelola sawi dengan campuran bahan yang telah disiapkan.Pertama- tama masukkan : Campur gula , bubuk cabe , jahe , bawang putih , selada air , daun bawang radis , saus ikan , dan sedikit garam . Campur hingga merata ksela – sela sawi , jika anda menggunakan tangan untuk mengaduk lebih baik gunakan sarung tangan agar tangan anda tidak panas karena mengandung bubuk cabe.
Lalu simpan pada wadah tertutup rapat dan biarkan sedikitnya 2x24 jam sampai bumbu meresap kedalam daging sawi dan jangan menyimpan didalam lemari es  karena dapat merusak proses fermentasi. Proses penyimpanan yang lama akan lebih baik karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang di hasilkan akan maksimal. Setelah itu baru simpan kimchi didalam lemari es.
Kimchi siap disajikan untuk makanan pembuka sebelum mnu utama.
Selamat Mencoba..


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review